Jumat, 09 Oktober 2009

16 Tim SMU Se Jatim Adu Robot 'Sumo'


Surabaya - 16 Tim SMU se-Jawa Timur akan saling beradu 'sumo'. Para siswa ini tidak akan saling beradu fisik layaknya olahraga dari negeri matahari. Tetapi mereka akan berlomba menggunakan robot.

Robot ciptaan siswa akan saling adu dorong layaknya olahraga sumo didalam lomba robot sumo yang diadakan Sekolah Tinggi Manajeman Informatika dan Teknik Komputer (STIKOM) High School Competition (SHISCO).

Peserta yang kebanyakan berasal dari SMKN ini, terlihat sangat antusias mengikuti lomba yang memperebutkan hadiah uang tunai plus beasiswa dengan total Rp 17 juta dan tropi.

Dari pantauan detiksurabaya.com, Sabtu (10/10/2009) banyak sekali bentuk robot yang dibuat peserta. Ada yang sengaja membuat bentuk robot berukuran besar ditambah dengan bobot. Peserta berharap tidak bisa digeser oleh musuhnya seperti robot sumo milik SMUN 20 Surabaya.

Lain halnya dengan robot sumo milik SMKN 1 Sidoarjo yang ukurannya lebih kecil, namun bemper depannya mempunyai sudut kemiringan 45 derajat.

Alhasil pertandingan berjalan alot, pasalnya dua robot masing memiliki sensor. Sayangnya robot milik SMUN 20 Surabaya kalah akibat robot miliknya tidak mampu menggulinggkan robot milik SMUN 1 Sidoarjo yang sensornya rusak sehingga jalannya miring dan membuat musuhnya hanya berjalan lurus akhir jatuh dan dinyatakan kalah.

Sementara itu, lomba robot sumo ini menggunakan robot logika digital yang mampu dibuat sendiri oleh siswa SMU.

"Untuk sumo diikuti 16 tim dan setiap ronde peserta diberi waktu 3 menit serta akan dilakukan menggunakan sistem gugur," kata salah satu panitia lomba robot, Wima kepada detiksurabaya.com di arena prestasi lantai 9 STIKOM Surabaya, Jalan Kedung Baruk.

Selain menggelar lomba robot sumo, panitia SHISCO juga menggelar lomba robot line tracer, design blog, packaging, wearing, pemprograman serta english rally.

Dalam rangkain lomba SHISCO yang sudah berjalan 2 hari ini, panitia dalam puncak acaranya akan digelar hari ini akan mengumumkan hasil lomba dengan dihibur aksipanggung musik dan pesta es krim.

Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger