Jumat, 02 Oktober 2009

Gempa Sumatera Barat, Bantu Komunikasi, Internet Gratis Disiapkan


Salah satu metode telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga untuk menghubungi sanak saudaranya yang menjadi korban bencana di Sumatera Barat adalah internet.

Meski juga terkena imbas dari bencana alam yang terjadi, 30 September kemarin, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan APJII akan mengusahakan untuk menghadirkan layanan internet gratis di daerah tersebut.

“Kerusakan utama yang terjadi ada di jaringan VSAT. Saat ini kondisinya sedang dalam perbaikan,” kata juru bicara PSN, pada wartawan di Jakarta, 1 Oktober 2009. “Kami juga bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk mengirimkan perangkat VSAT ke sana. Rencananya layanan internet gratis selama 1-2 bulan akan digelar di daerah tersebut,” ucap juru bicara tersebut.


PSN menyebutkan, untuk menghadirkan perangkat mobile dan fixed satellite ke kawasan Sumatera Barat, pihaknya juga akan bekerjasama dengan yayasan Air Putih.

“Saat ini kami belum mendapat laporan menyeluruh. Yang jelas, ada 6 VSAT yang akan diinstall di sana,” kata juru bicara APJII di kesempatan yang sama. “Instalasi ini disediakan sebagai alternatif koneksi data melalui satelit. Kaimi bekerjasama dengan yayasan Air Putih untuk menghadirkannya,” ucap juru bicara itu.

APJII menyebutkan, di pusat-pusat pengungsian, pihaknya akan menyediakan 29 radio. “Ketersediaan bensin menjadi kendala bagi 2 buah genset tersedia yang masing-masing berkapasitas 1.000 watt,” ungkap APJII.

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger