Minggu, 27 September 2009

Ups! Gamelan Masuk Daftar Warisan Budaya Malaysia


Tahan Emosi dulu yah… Tak hanya memuat daftar 100 makanan yang masuk daftar makanan warisan budaya Malaysia, laman Jabatan Warisan Negara, Kementerian Penerangan, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, http://www.warisan.gov.my, juga memuat daftar kesenian dan budaya Malaysia.

Dalam daftar tersebut terdapat 17 kesenian dan budaya Malaysia. Dalam daftar yang diperbarui pada 17 Juni 2009, alat musik gamelan ada di urutan ketiga. Dalam daftar tersebur juga ditulis Tulisan Jawi.

Jangan dulu emosi, tulisan Jawi yang dimaksud bukan aksara Jawa.

Penelusuran VIVAnews, sebelum menggunakan aksara Romawi, naskah-naskah dalam bahasa Melayu ditulis menggunakan tulisan Jawi.

Sementara gamelan yang ada di Malaysia sama dengan gamelan yang berasal dari Jawa. Alat-alatnya terdiri dari Gong Agong, Gong Sawokan, Gendang Ibu, Gendang Anak, Saron.

Dilihat dari sejarahnya, gamelan di Malaysia kali pertamanya diperkenalkan di Pahang, saat pemerintahan Sultan Ahmad Muaddzam Shah. Permaisurinya, Fatimah dan istri kedua Sultan, Che Bedah ikut berperan menyebarkan gamelan.

Sekitar tahun 1913, gamelan menyebar ke Terengganu,dibawa oleh putri Sultan Pahang, Mariam yang menikah dengan Sultan Terengganu saat itu, Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah.

Sultan Sulaiman bahkan menciptakan berbagai lagu dan tarian, termasuk lambang sari, geliung, ketam renjong, togok, gagak seteru, lancang kuning dan sebagainya.

Berikut daftar kesenian dan budaya Malaysia.

1. Boria
2. Tarian Zapin
3. Gamelan
4. Tarian Bhangra – Kaum Sikh
5. Tarian Bharata Natyam – Kaum India
6. Gendang Dua Puluh Empat Perayaan (Gendang Cina)
7. Dikir Barat
8. Pantun Melayu
9. Syair
10. Karya Pendeta Za’aba
11. Tulisan Jawi
12. Hikayat Munshi Abdullah
13. Wau Malaysia
14. Congkak
15. Gasing
16. Hikayat Malim Deman
17. Hikayat Merong Mahawangsa
18. ???

VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger