Sabtu, 05 September 2009

Kindle, Revolusi untuk Pecinta Buku

Seperti iPod dan gadget Mp3 lain, yang meringkas ribuan lagu, ratusan CD dalam satu kotak yang masuk ke kantong, demikian Kindle dan Sony, yang kini memasarkan e-reader book.

Bayangkan, sebuah lembaran yang mirip papan nilai untuk guru olahraga di zaman dulu, bisa menampung 1.500 judul buku!


Tak heran bila para pecinta buku segera menyambut hangat gadget digital yang baru ini. “Sekarang tak perlu lagi mengantungi 7-8 novel atau buku di tas dan menjadi masalah di pesawat dan memberati tas punggung ketika melakukan perjalanan lama dan jauh. Cukup Kindle ini, dan semua ada di sana, “ kata Tony Morison, penulis peraih Pulitzer.



Kindle ukurannya sekira kertas kwarto, tepatnya memiliki diagonal 6 Inci, tebalnya kurang dari 1 Cm, lebih tipis dari majalah, berat 1 ons, lebih ringan dari novel paperback. Di dalamnya ada 3G wireless yang bisa mendownload buku dari toko, khususnya amazon.com, kapan saja. 24 jam nonstop. Di mana pun, bahkan di tempat yang tak ada hotspot Wi-Fi nya.

Kemampuan downloadnya dasyat: kurang dari 1 menit untuk satu judul buku. Langsung, tanpa PC. Ada tersedia 230 ribu judul buku yang siap di-download dari Amazon.com. Bagi yang suka buku terbitan baru, yang masih ragu-ragu akan isinya, bisa ekstra gratis satu bab.

Untuk pembaca Indonesia, dengan software PDF di dalamnya maka dokumen buku dan file PDF yang didowonload bisa dibaca di mana saja. Daya tampungnya 1,4 giga. Luar biasa luas untuk dokumen teks dan gambar hitam putih.

Selain buku, akses gartis ke 1.000 blog, sejumlah koran dan majalah bisa di-download. Tapi untuk media musti bayar langganan. Untuk sementara hanya terbitan AS, yakni Time, Newsweek, Wallstreet Journal, New York Times.

Membaca Kindle seperti membaca lembaran kertas di atas papan putih. Tanpa bayangan. Besaran huruf bisa dipilih dan di-sett, demikian juga gelap terangnya, touchscreen. Pembaca bisa menandai, mencorat-coret dan melakukan rujukan ke map dan kamus - yang sudah ada di dalamnya – jika ada kata-kata tak mengerti atau lokasi yang tak dikenal. Barang tentu, sementara ini kamus sesama bahasa Inggris.

Bagi yang terbiasa membaca dengan iringan musik ada mp-3 di dalamnya. Jika capek membaca, dan ingin diganti mendengar, maka buku yang sedang dibaca ganti format dan pasang earphone. Ada yang “membacakan” dan menyuarakannya untuk Anda.

Di pasaran kini sudah tersedia dua type, yakni Kindle dengan ukuran kecil, layar diagonal 6″ (8″ x 5.3″ x 0.36″) untuk 1,500 judul buku ($299 – Rp2.900.000) dan Kindle DX: layar diagonal 9.7″ (10.4″ x 7.2″ x 0.38″, yang mampu menampung 3,500 judul buku ($489 – Rp4.890.000) – (poskota.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger